Kampung Panca Mulia

Kec. Banjar Baru, Kab. Tulang Bawang
Prov. Lampung

Loading

Kampung Panca Mulia

Hari Jadi Kampung Panca Mulia Ke-14

  • Hari
  • Jam
  • Menit
  • Detik
Info
Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kampung Panca Mulia Kec. Banjar Baru Kab. Tulang Bawang, Provinsi Lampung | Kantor Kampung Panca Mulia Membuka Pelayan Publik pada Hari Senin - Jum'at Pukul 09.00 - 15.00 WIB

Berita Kampung

Panca Mulia –  Pemerintah Kampung Panca Mulia bersama Mahasiswa KKN Unila 2020  menggelar Sosialisasi Tupoksi dan Struktur Kepengurusan Bumdes di Gedung Serba Guna Kampung Panca Mulia, Minggu, 12 Januari 2020. Kegiatan ini di hadiri oleh, Kepala Kampung, Perangkat Kampung, Badan Permusyawaratan Kampung (BPK), Pendamping Desa, Pengurus Bumkam Mulya Bersama, serta Mahasiswa KKN Unila 2020.

Sosialisasi Tupoksi dan Struktur Kepengurusan Bumdes dengan Narasumber Mahasiswa KKN Unila 2020 , dalam hal ini disampaikan oleh Sdr. Aldi Ridho Akbar  selaku Koordinator Mahasiswa KKN Unila 2020 di Kampung  Panca Mulia Kecamatan Banjar Baru Kabupaten Tulang Bawang.

Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) BUMDes adalah badan usaha yang seluruh atau sebagian besar modalnya dimiliki desa melalui penyertaan modal langsung yang berasal dari kekayaan desa.  Struktur Badan Usaha Milik Desa (BUMDesa) adalah salah satu kunci keberhasilan BUMDesa sebagai sebuah lembaga. Konsep struktur yang memiliki kejelasan tugas dan wewenang sangat menentukan proses kerja lembaga ini. Tapi tentu saja juga sangat dipengaruhi kualifikasi person orang-orang yang duduk di sana.

Struktur Organisani BUMDes

Apa Saja Tugas, Hak dan Kewajiban Pengurus BUMDes?

Secara umum Tugas, Hak dan Kewajiban Pengurus Badan Usaha Milik Desa dapat diuraikan sebagai berikut:
 
1. Komisaris Bumdes
 
Penasehat atau Komisaris Bumdes mempunyai tugas melaksanakan dan memberikan nasehat kepada pelaksana operasional atau direksi dalam menjalankan kegiatan pengelolaan usaha desa. 

Komisaris bumdes juga mempunyai tugas melakukan pengawasan dan memberikan nasihat kepada pelaksana operasional dalam menjalankan kegiatan pengurusan dan pengelolaan usaha Desa, berdasar visi dan misi dalam RPJM Desa.

Tugas, Hak dan Kewajiban Komisaris BUMDes lainnya, berdasarkan pembahasan dan sepakat yang disepakati dalam musyawarah desa yang diselenggarakan oleh BPD, dan hasilnya dituangkan dalam anggaran dasar dan anggaran rumah tangga BUMDes.

2. Pengawas Bumdes

Pengawas Bumdes mempunyai tugas mengawasi semua kegiatan dan memberikan nasihat kepada pelaksana operasional atau direksi dalam menjalankan kegiatan pengelolaan usaha desa.
 
Pengawas juga bertugas melakukan pengawasan manajemen kepada pelaksana operasional dalam melakukan pengurusan dan pengelolaan BUM Desa. 
Pengawas dalam melaksanakan tugas mempunyai kewenangan antara lain sebagai berikut:
  1. Meminta Laporan Pertanggung Jawaban Pelaksana Operasional setiap akhir tahun;
  2. Meminta Laporan Rincian Neraca rugi laba dan penjelasan-penjelasan atas pelaksanaan kegiatan bumdes baik usaha yang berbada hukum privat dan tidak berbadan hukum privat ;
  3. Pengangkatan dan Pemberhentian Pengurus/Pelaksana Operasional.

3. Direktur Bumdes

Direktur Bumdes adalah orang yang memimpin, mengendalikan dan bertanggungjawab atas keseluruhan aktivitas Bumdes mulai dari perencanaan usaha, pelaksanaan kegiatan, manajemen dan keuangan.

Tugas Direktur BUMDes, secara umum dapat diuraikan sebagai berikut:
  1. Memimpin, mengelola dan mengurus Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dan unit-unit usahanya sesuai AD/ART BUMDes.
  2. Merumuskan Standar Operasional Prosedur (SOP) Unit-Unit Usaha BUMDes;
  3. Merumuskan kebijakan Operasional Pengelolaan BUMDes;
  4. Melakukan pengendalian kegiatan usaha BUMDes baik internal maupun eksternal;
  5. Mengangkat dan memberhentikan anggota pengelola Badan Usaha Milik Desa dengan persetujuan Komisaris/Pembina BUMDes;
  6. Mewakili BUMDes di dalam dan di luar pengadilan atau menunjuk kuasa hukum untuk mewakilinya sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan;
  7. Bertindak atas nama lembaga Bumdes untuk mengadakan perjanjian kerjasama dengan pihak ketiga dalam mengembangkan usaha dan berkoordinasi dengan komisaris;
  8. Melaporkan kinerja kegiatan dan keadaan keuangan Bumdes secara berkala kepada komisaris dan pengawas Bumdes; dan
  9. Menyusun dan melaporkan laporan kegiatan usaha dan keuangan BUMDes akhir tahun kepada komisaris/kepala desa, baik itu usaha tidak berbadan hukum maupun usaha yang berbadan hukum privat.

4. Sekertaris BUMDes

Sekretaris Bumdes mempunyai tugas melaksanakan fungsi pengelolaan administrasi Usaha Badan Usaha Milik Desa. 

Tugas Sekretaris BUMDes, diantaranya sebagai berikut:

  1. Melaksanakan tugas kesekretarisan untuk mendukung kegiatan Direktur
  2. Melaksanakan administrasi umum kegiatan operasional BUMDes
  3. Melaksanakan kebijakan operasional pengelolaan fungsi administrasi setiap unit usaha Badan Usaha Milik Desa (BUMDes)
  4. Melaksanakan administrasi pembukuan keuangan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes)
  5. Menyusun administrasi pengawasan dan pengendalian pelaksanaan tugas pengelola unit usaha Badan Usaha Milik Desa (BUMDes)
  6. Mengelola surat menyurat secara umum
  7. Melaksanakan kearsipan
  8. Mengelola data dan informasi unit usaha Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

 

5. Bendahara

Mempunyai tugas melaksanakan fungsi pengelolaan keuangan sumber daya unit usaha Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). 

Tugas Bendahara Bumdes, antara lain sebagai berikut:

  1. Melaksanakan kebijakan operasional pengelolaam fungsi keuangan unit usaha Badan Usaha Milik Desa (BUMDes)
  2. Melaksanakan strategi pengelolaan unit usaha Badan Usaha Milik Desa (BUMDes)
  3. Menyusun pembukuan penerimaan dan pengeluaran keuangan unit usaha Badan Usaha Milik Desa (BUMDes)
  4. Mengelola gaji dan insentif pengurus unit usaha pengelola belanja dan pengadaan barang/jasa unit usaha Badan Usaha Milik Desa (BUMDes)
  5. Pengelola penerima keuangan unit usaha Badan Usaha Milik Desa (BUMDes)
  6. Menyusun laporan pengelolaan keuangan unit usaha Badan Usaha Milik Desa (BUMDes)
  7. Melapokan posisi keuangan kepada Direktur secara sistematis, dapat dipertanggung jawabkan dan menunjukan kondisi keuangan dan kelayakan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) yang sesungguhnya
  8. Mengeluarkan uang berdasarkan bukti-bukti yang sah
  9. Mengatur likwiditas sesuai dengan keperluan
  10. Menyetorkan uang ke bank setelah mendapatkan persetujuan dari Direktur.

 

 

Komentar

Bernardus

03 Mei 2022 14:14:16

Terimakasi karena telah menjadi bahan referensi pembentukan BUMDes

Isa

19 Maret 2022 14:06:24

Terima kasih,,,, sangat bermanfaat. Semoga bumdes semua di NKRI pelopor kesejahteraan desa

Aziz

20 Januari 2020 02:55:56

dengan adanya sosialisasi semoga bumdesnya tambah maju..

Hendri

19 Januari 2020 16:11:42

Kereeeennn

Beri Komentar

Kampung

829

LAKI-LAKI

829LAKI-LAKI penduduk

806

PEREMPUAN

806PEREMPUAN penduduk

1.635

TOTAL

1.635TOTAL penduduk

Layanan
Mandiri

Hubungi Aparatur Kampung untuk mendapatkan PIN

Aparatur Kampung

Kepala Kampung

SUYITNO

Belum Rekam Kehadiran

Sekretaris Kampung

ASEP IMANUDIN, S.H

Belum Rekam Kehadiran

Kaur Keuangan

MAMAN RUKMANA

Belum Rekam Kehadiran

Kasi Pemerintahan

AHMAD NGUDI PRANOTO

Belum Rekam Kehadiran

Kasi Pelayanan dan Kesejahteraan

BANDI

Belum Rekam Kehadiran

Ketua RK 001

WARTINI

Belum Rekam Kehadiran

Ketua RK 002

SAKI

Belum Rekam Kehadiran

Ketua RK 003

DWI WAHYUNI

Belum Rekam Kehadiran

Ketua RK 004

REBO

Belum Rekam Kehadiran

Ketua RK 005

ANAS SUHENDRI

Belum Rekam Kehadiran

Operator SID

ANITA MUJIATIN

Belum Rekam Kehadiran

Staff Pelayanan dan Kesejahteraan

SITI WULANDARI

Belum Rekam Kehadiran

Staff Keuangan

SRI AYU WANDIRA

Belum Rekam Kehadiran
Statistik
Temukan Kami Di Facebook
Statistik Pengunjung
Hari ini:163
Kemarin:264
Total Pengunjung:910.270
Sistem Operasi:Unknown Platform
IP Address:3.238.118.80
Browser:Tidak ditemukan
Aparatur Kampung

SUYITNO

Kepala Kampung


Belum Rekam Kehadiran

ASEP IMANUDIN, S.H

Sekretaris Kampung
Belum Rekam Kehadiran

MAMAN RUKMANA

Kaur Keuangan
Belum Rekam Kehadiran

AHMAD NGUDI PRANOTO

Kasi Pemerintahan
Belum Rekam Kehadiran

BANDI

Kasi Pelayanan dan Kesejahteraan
Belum Rekam Kehadiran

WARTINI

Ketua RK 001
Belum Rekam Kehadiran

SAKI

Ketua RK 002
Belum Rekam Kehadiran

DWI WAHYUNI

Ketua RK 003
Belum Rekam Kehadiran

REBO

Ketua RK 004
Belum Rekam Kehadiran

ANAS SUHENDRI

Ketua RK 005
Belum Rekam Kehadiran

ANITA MUJIATIN

Operator SID
Belum Rekam Kehadiran

SITI WULANDARI

Staff Pelayanan dan Kesejahteraan
Belum Rekam Kehadiran

SRI AYU WANDIRA

Staff Keuangan
Belum Rekam Kehadiran